Translate

Tuesday, November 1, 2016

Tragedi K Jati VS Embu Komikus Indonesia

#temennyaembu
Status twitter yang bermasalah
Semua ini bermula ketika komikus lokal K. Jati dengan tanpa pikir panjang mengunggah komik 4 koma "God You Must Be Joking", komik ini sejak awal memang dikhususkan untuk pembaca dewasa yang sudah paham mana yang baik dan mana yang salah, akan tetapi semua ini berubah ketika ada sekelompok netizen yang mengatasnamakan #temennyaembu di twitter berkicau secara arogan tanpa memikirkan hasil dari tindakan mereka itu, sehingga menyebabkan hal kecil ini seakan hal besar yang menjatuhkan harkat dan martabat seorang komikus lain. Dari catatan di FB milik K. Jati sendiri sudah mengatakan dengan lantang sejak awal bahwa, "komik GYMBJ ini, Menyinggung Agama & Tuhan. "
"Sebelum memaparkan banyak hal, saya perlu memperingatkan bahwa tulisan ini hanya penjelasan bagi yang menginginkan referensi lebih lanjut guna mengapresiasi komik god you must be joking volume ini. Dalam penjelasan saya mungkin akan menyinggung beberapa kelompok agama, pemikiran, dan orang-orang yang pernah mempersoalkannya. Dan saya juga perlu memperingatkan bahwa ini bagian dari kritik seni, dan bukan diskursus atau pemikiran tentang tuhan dan agama yang tentunya membutuhkan kajian mendalam soal itu. Jadi, kencangkan sabuk pengaman anda karena kita akan ngebut di jalan yang terlalu lurus."
sumber : http://adf.ly/1fI3GL

Komik yang diunggah K. Jati diduga menyinggung komikus lokal yang digambarkan sebagai tokoh seorang ibu (embu) dan anaknya yaitu Sheila Rooswita Putri.

"Sheila Rooswita Putri adalah pembuat komik ‘Duo Hippo Dinamis’ terbitan tahun 2010. Istri dari Fajar Harianto ini tetap konsisten ngomik di antara kesibukannya mengurus dua orang anak, Aradea Kunta Awangga dan Mahadjani Hayuning Dewi. Beberapa karya lulusan ESRD Trisakti tahun ini 2002 ini diposting di facebook dan banyak disukai orang walau pembuatnya sendiri menyebut komik strip yang diuploadnya itu komik kriuk alias garing."
sumber: http://adf.ly/1fI3ct 

Bagi yang belum tahu bagaimana bentuk dari komik 4 panelnya K. Jati yang bikin sensasi ini berikut tampilannya :

Komik K.Jati yang bermasalah
Komik 4 koma K.Jati yang bermasalah
 Banyak netizen yang mengecam perbuatan K. Jati ini, tapi bagi saya tidak usah dibesar-besarkan. Sekarang masalah kecil ini telah membesar layaknya tumor, salah satu penerbit komik yang menerbitkan komik milik K.Jati memberikan konfirmasi atas perbuatannya tersebut. Dan memutuskan menghentikan sementara komik "Perennium".



 Sumber : http://adf.ly/1fI4dW

Dan ada juga netizen yang mengutarakan pikirannya secara terang-terangan memprovokasi netizen yang lain untuk memboikot K.Jati untuk tidak menjadi komikus lagi, padahal tindakan ini tidak sebanding dengan apa yang dilakukan K.Jati sendiri, bagi saya ini semua hanyalah kebebasan berbicara, bukanlah membully ataupun menurunkan harkat dan martabat komikus lain.

Pernyataan dari Sunny Gho terhadap #temennyaembu
"Sunny Gho, pendiri portal komik Indonesia www.kosmik.id, mengeluarkan pernyataan di akun Facebook-nya yang mengutuk keras komik buatan Kharisma itu dan mengimbau supaya karyanya dihentikan peredarannya."
sumber : http://adf.ly/1fI55N

Setelah Tragedi K.Jati VS Embu Komikus Indonesia berlangsung kemarin, tepatnya 28 Oktober 2016 menurut twitter milik K.Jati, semua post diatas telah dihapus entah karena permintaan Sheila Rooswita sendiri atau yang lain. Demikian hal yang dapat saya ceritakan tentang tragedi ini, semoga tidak akan terulang kejadian yang sepele seperti ini, sekian dan sampai jumpa lagi!!!!!

[UPDATE]
Permintaan maaf dari K. Jati :
"Kharisma Jati : ·
Dengan ini saya menyatakan permintaan maaf sedalam-dalam kepada Mbak Lala Sheila Rooswitha dan keluarga, juga kepada pihak-pihak yang telah tersinggung oleh karya saya, baik yang terdahulu maupun yang belakangan ini muncul. Atas sebab itu saya bersedia menanggung apapun konsekuensi atas tindakan saya tersebut.
Semoga setelah adanya pernyataan ini teman-teman sekalian dapat saling mengerti pendirian masing-masing, mengerti apa yang benar dan salah, juga mengerti sebab dan akibat dari suatu keputusan. Dan saya berterima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung saya selama ini, semoga karya-karya saya sekian tahun ini memberikan lebih banyak manfaat daripada keburukan.
Saya telah merusak diri sendiri, merugikan keluarga & teman, demi apa saya juga tidak tahu. Hanya kebodohan yang bisa membuat saya seperti ini. Semoga tidak terjadi dengan teman-teman sekalian. Semoga teman-teman sekalian tercerahkan.
Semoga teman-teman sekalian sudi memberikan kesempatan pada saya untuk memperbaiki kerusakan yang telah saya akibatkan, dengan cara apapun yang paling patut dilakukan.
Sekali lagi mohon maaf dan terima kasih...
Salam, #KJati "
Sumber : http://adf.ly/1fJzlQ

3 comments :

  1. yaelah ini malah bikin keruh gak penting. mbak sheila sendiri udah bilang di fbnya buat gak perlu dibikin viral lagi. mana sumber pake adfly segala, ketauan bener niatnya apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga usaha,mencari keuntungan dan kesempatan dalam kesempitan,hahaha!:)

      Delete
  2. Ngomong soal bebas bicara seharusnya juga tahu kalau tidak ada yang bebas dari konsekuensi.

    ReplyDelete