Translate

Monday, December 19, 2016

Final Fantasy 1 Bahasa Indonesia

   Seperti yang sempat diberitakan melalui salah satu fan site Final Fantasy, ffcrystalesia.com, satu developer game dari Indonesia Altermyth, yang sebelumnya mengerjakan Final Fantasy I untuk “feature phone” berbasis Java, dan dipasarkan melalui kerjasama dengan Indosat, tengah disibukkan dengan proyek barunya membawa game tersebut untuk Android. Saat itu, 11 November 2011, melalui presentasi Altermyth di Epicentrum Walk, Jakarta di hadapan umum serta dua wakil Square Enix Jepang, Sachiko Takahashi (Senior Manager, Business Corporate Planning Division) dan Hayato Sawada (Project Investment Manager Division), bisa dilihat sekilas seperti apa progress Final Fantasy I versi Android tersebut. Saat itu Droid yang menjadi wadah untuk mendemokan Final Fantasy I adalah Samsung Galaxy Wonder I8150.

 
Sumber : Duniaku.net 

   Square Enix bekerja sama dengan Altermyth, sebuah studio game lokal, telah membuat Final Fantasy 1 berbahasa Indonesia yang dibuat untuk handphone berbasis Android, khususnya untuk saat ini adalah untuk handphone Samsung Galaxy W. Ini untuk pertama kalinya seri game Final Fantasy telah di-porting ke handphone berbasis Android dan dalam bahasa Indonesia pula, ditambah dirilis pertama kali di Indonesia. 

Sumber : Teknojurnal.com

  Direktur Altermyth Wong Lok Dien mengungkapkan bahwa pihaknya ditunjuk sebagai partner lokal Square Enix untuk menggarap penerjemahan Final Fantasy. Proses pengalihbahasaannya berlangsung selama dua hingga tiga minggu. Salah satu kendala dalam menerjemahkan adalah bahasa Indonesia ternyata tidak seringkas bahasa Inggris ataupun bahasa Jepang sehingga menuntut tim penerjemah untuk berkerja keras.
Disinggung mengenai pengalihbahasaan Final Fantasy, Dien mengungkapkan bahwa hal tersebut memang menjadi strategi pemasaran yang sudah dibahas bersama Square Enix. Dalam wawancara tertulis itu, Dien mengharapkan  para penggemar Final Fantasy terus mendukung upaya ini agar terus mendapatkan kepercayaan menggarap seri-seri Final Fantasy berikutnya. Dien menjanjikan bahwa seri-seri berikutnya sudah menanti.
   Dari sisi cerita, tidak ada perubahan dalam Final Fantasy versi NES dengan versi Android, yakni petualangan empat pejuang yang masing-masing membawa kristal untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran yang disebabkan empat monster yang dipimpin raja iblis. Dari sisi grafis, tampilannya jauh lebih baik daripada grafis 8 bit ala NES, sama halnya dengan musik.

Sumber : tekno.kompas.com

Nah, karena game ini khusus hanya untuk pengguna Samsung, kali ini saya akan berikan link unduh cuma-cuma, saya sudah mencobanya di Samsung Galaxy V dan Samsung Galaxy Core I6282, tapi lucunya tidak satupun yang bisa memainkannya , lalu saya coba Andromax E2, malah berfungsi dengan baik, mungkin karena OS-nya sudah lebih mutakhir sehingga lebih mudah menjalankan game tersebut. Berikut ini Screenshotnya :
   

 
Berikut ini link unduhnya : Versi Bahasa Indonesia dan Versi English

No comments :

Post a Comment